PENGARUH PERILAKU KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN PRIBADI

Atika Sari(1), Harti Budi Yanti(2*),

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Mulai dari pandemi hingga kenaikan harga bahan pokok menimbulkan masalah keuangan dan mengharuskan individu untuk membuat perencanaan keuangan. Peneliti membuat penelitian ini dengan tujuan untuk meneliti pengaruh Perilaku Keuangan, Literasi Keuangan, dan Pendapatan terhadap Perencanaan Keuangan Pribadi. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data primer, di mana responden penelitian ini adalah mahasiswa S-1 yang sudah berpenghasilan di Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah Literasi Keuangan berpengaruh positif terhadap Perencanaan Keuangan Pribadi. Sedangkan Perilaku Keuangan dan Pendapatan tidak berpengaruh terhadap Perencanaan Keuangan Pribadi. Peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya agar lebih mengembangkan penelitian dengan menambahkan sampel dan variabel untuk lebih menyempurnakan penelitian.


Keywords


Perilaku Keuangan, Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan

Full Text:

PDF

References


S. Yousaf, “The effect of financial literacy, financial experience, and locus of control towards financial management attitude and family investment planning behavior,” pp. 206–215, 2016.

W. Purwidianti and N. Tubastuvi, “The Effect of Financial Literacy and Financial Experience on SME Financial Behavior in Indonesia,” J. Din. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 40–45, 2019, doi: 10.15294/jdm.v10i1.16937.

G. Surendar and V. V Subramanya Sarma, “Financial literacy and financial planning among teachers of higher education - a study of critical factors of select variables,” Int. J. Pure Appl. Math., vol. 118, no. 18, pp. 1627–1649, 2018, [Online]. Available: https://amity.edu/UserFiles/admaa/97cf8Paper 3.pdf.

A. M. Adam, S. Frimpong, and M. O. Boadu, “Financial literacy and financial planning: Implication for financial well-being of retirees,” Bus. Econ. Horizons, vol. 13, no. 2, pp. 224–236, 2017, doi: 10.15208/beh.2017.17.

R. Ghasarma, L. Putri, and M. Adam, “International Journal of Economics and Financial Issues Financial Literacy; Strategies and Concepts in Understanding the Financial Planning With Self-Efficacy Theory and Goal Setting Theory of Motivation Approach,” Int. J. Econ. Financ. Issues, vol. 7, no. 4, pp. 182–188, 2017, [Online]. Available: http:www.econjournals.com.

T. Arganata et al., “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan Dan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo,” J. Bus. Bank., vol. 9, no. 2, pp. 12–26, 2019, [Online]. Available: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/7468%0Ahttp://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/77.

N. S. Andriyani, “Pengaruh Literasi Keuangan, Personality Traits dan Sikap Terhadap Uang Pada Perencanaan Keuangan Keluarga,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 34, no. 11, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: http://eprints.perbanas.ac.id/3885/4/Artikel Ilmiah.pdf.

A. S. Abadi, “Pengaruh Pendapatan Dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga,” 2020, [Online]. Available: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/671%0Ahttp://repository.umpalopo.ac.id/671/3/BAB_201820152.pdf.

S. Christian and H. Wiyanto, “Pengaruh Sikap Keuangan, Sosial, dan Pengetahuan Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Pribadi,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 3, p. 820, 2020, doi: 10.24912/jmk.v2i3.9596.

K. White, N. Park, K. Watkins, M. McCoy, and M. G. Thomas, “The Relationship between Financial Knowledge, Financial Management, and Financial Self-Efficacy Among African-American Students,” SSRN Electron. J., vol. 29, pp. 169–185, 2019, doi: 10.2139/ssrn.3468751.




DOI: https://doi.org/10.37365/ebid.v1i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

Karya ini dilisensikan di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 .