PERANCANGAN MODEL KOMPETENSI SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INTERNATIONAL SOS-AEA-COMPANY

witarsjah -(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi saat ini menjadi salah satu aspek yang diperhatikan dalam suatu organisasi perusahaan. Perusahaan berusaha meningkatkan kompetensi karyawannya ke tingkat yang setinggi-tingginya sehingga dapat mendukung perusahaan untuk lebih maju dan bersaing. AEA sebagai salah satu perusahaan jasa pelayanan medis di Indonesia juga telah menyadari hal ini dan untuk itu terus berusaha meningkatkan kompetensi dari setiap karyawan yang bekerja di AEA. Hasil dari perancangan ini bertujuan untuk membantu AEA dalam melakukan pemetaan atas kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja di AEA sehingga AEA akan mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh karyawannya. Berangkat dari sini, AEA akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan sumber daya manusia yang akan melengkapi proses yang telah berjalan selama ini di AEA. Model kompetensi ini akan mendukung proses yang telah berjalan selama ini di AEA dalam hal seleksi penerimaan karyawan baru dan juga penempatannya, proses evaluasi performance dari masing-masing karyawan, dan perencanaan jenjang karir untuk suatu posisi beserta keperluan pelatihan atau pengembangan yang diperlukan oleh seseorang atas suatu kompetensi agar lebih meningkat. Diharapkan dengan diterapkannya model kompetensi ini, AEA akan dapat semakin berkembang dari antara sekian banyak perusahaan jasa pelayanan medis dan dapat mewujudkan apa yang terkandung dalam visi dan misi perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Byham, William C. (1996). Developing Dimension/Competency Based Human Resource Systems. Development Dimensions International, Pittsburgh

Byham, William C and Moyer, Reed P. (1996). Using Competencies to Build a Successful Organization, Development Dimensions International, Pittsburgh

Cascio, Wayne F. (2003). Managing Human Resources, Productivity, Quality of Worklife & Profits 6th Edition, McGraw-Hill Higher Education, Denver

Mitrani. Alain, Dalziel. Murray and Fitt. David. (1992). Competency Based Human Resource Management, Kogan Page Limited, London.

Prahalad, C.K and Hamel. G. (1990). The Core Competencies of The Corporation, Harvard Business Review, May-June, 79-91.

Schoonover, Stephen C. (2002) Implementing Competencies: A Best Practises Approach, Schoonover Associates Inc., Falmouth

Schoonover, Stephen C. (2003). Human Resource Competencies for the New Century, Schoonover Associates Inc, Falmouth

Sharma, Radha R. (2002). 360degree Feedback Competency Mapping & Assessment Centers, Tata McGraw-Hill, New Delhi

Spencer, L.M and Spencer, S.M. (1993). Competence at Work, John Wiley & Sons, Inc. Toronto

Spencer, L.M and Spencer, S.M. (1996) Human Capabilities & Competencies, Prentice Hall International, New York

Stone, Raymond J. (1998) Human Resources Management, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., Brisbane

Tate, W. (1995) Developing Managerial Competence: A critical guide to methods and materials, Gower, Aldershot, England




DOI: https://doi.org/10.37365/it.v4i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.