PENDIDIKAN AKUNTANSI FORENSIK DAN INVESTIGASI PENIPUAN

Hasna Hanifah(1*), Harti Budi Yanti(2),

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingginya kasus kecurangan yang terjadi di Indonesia, baik dalam sektor keuangan maupun publik telah menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat Indonesia, juga menjadi perhatian bagi dunia global. Tingginya kasus kecurangan tersebut memerlukan akuntan forensik yang handal dalam bidangnya termasuk dalam menginvestigasi penipuan yang terjadi dalam sebuah perusahaan/organisasi di Indonesia. Penelitian ini menjelaskan beberapa perumusan masalah, diantara lain tentang apakah apakah akuntansi forensik mempengaruhi kinerja auditor forensik, apakah kemampuan investigasi penipuan mempengaruhi kinerja auditor forensik, dan yang terakhir  tentang apakah pengalaman pengetahuan dan keterampilan investigasi forensik. Penelitian ini memiliki peran dan implikasi penting bagi para pembaca, terutama bagi para auditor, akuntan forensik, dan penyelidik penipuan. Teknik pengumpulan jenis data yang dipakai oleh peneiliti yaitu data primer dengan mendistribusikan kuesioner kepada para mahasiswa S1 Akuntansi yang terdaftar aktif pada universitas-universitas di Indonesia. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Akuntansi Forensik juga Investigasi Penipuan berpengaruh terhadap Kinerja Auditor Forensik. Peneliti merekomendasikan kepada para peneliti selanjutnya untuk mengimplementasikan dan mengembangkan hasil dari penelitian ini agar hasil dari penelitian ini menjadi lebih baik.


Keywords


: Akuntansi Forensik dan Investigasi; Keterampilan Investigasi Penipuan; Pendidikan Akuntansi Forensik.

Full Text:

PDF

References


Alshurafat, Hashem, Claire Beattie, Gregory Jones, and John Sands. 2019. “Forensic Accounting Core and Interdisciplinary Curricula Components in Australian Universities: Analysis of Websites.” Journal of Forensic and Investigative Accounting 11 (2): 353–65. https://www.researchgate.net/publication/338682611_Forensic_Accounting_Core_and_Interdisciplinary_Curricula_Components_in_Australian_Universities_Analysis_of_Websites.

G/Tsadik, Daniel, Yemane Berhane, Alemayehu Worku, Dongling Luo, Yunjiu Cheng, Huayi Haifeng Zhang, Mingchuan Ba, et al. 2020. “No 主Title.” International Journal of Hypertension 1 (1): 1–171. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea.

Kumshe, A M, I Umar, and A Imam. 2018. “Prospects of Forensic Accounting Education in Nigeria: A Review.” SAJRED: Journal of Resources & …, no. January. https://www.researchgate.net/profile/Ibrahim-Umar-3/publication/348447731_THE_PROSPECTS_OF_FORENSIC_ACCOUNTING_EDUCATION_IN_NIGERIA_A_REVIEW/links/6000117a299bf1408893eaa5/THE-PROSPECTS-OF-FORENSIC-ACCOUNTING-EDUCATION-IN-NIGERIA-A-REVIEW.pdf.

Prabowo, Hendi Yogi. 2021. “Undergraduate Forensic Accounting Education in Indonesia: Initiating a Re-Invention.” Australasian Business, Accounting & Finance Journal 15 (2): 3–25. https://doi.org/10.14453/aabfj.v15i2.2.

Rezaee, Zabihollah, and Jim Wang. 2019. “Relevance of Big Data to Forensic Accounting Practice and Education.” Managerial Auditing Journal 34 (3): 268–88. https://doi.org/10.1108/MAJ-08-2017-1633.

Seda, Michael, Bonita Kramer, and D. Crumbley. 2019. “An Examination of Computer Forensics and Related Certifications In The Accounting Curriculum.” The Journal of Digital Forensics, Security and Law. https://doi.org/10.15394/jdfsl.2019.1578.

SORUNKE, Olukayode Abayomi. 2018. “Forensic Accounting Investigation Techniques and Successful Prosecution of Corruption Cases in Nigeria.” International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences 8 (3). https://doi.org/10.6007/ijarafms/v8-i3/4450.

Syahputra, Briyan Efflin, and Dekar Urumsah. 2019. “Deteksi Fraud Melalui Audit Pemerintahan Yang Efektif: Analisis Multigrup Gender Dan Pengalaman.” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 19 (1): 31. https://doi.org/10.20961/jab.v19i1.319.

Wang, Jim, and L A M Mo Brian. 2020. “(Project Reference: UGC/FDS17/B02/14).” 10 (1): 87–99.

Yanuar Akhmad Rifai, Fuad, Program Studi Ekonomi Islam STAI Al Husain Magelang Korespondensi, Kata Kunci, Akuntansi Forensik, and Kejahatan Akuntansi. 2021. “Forensic Accounting in Islamic Concept of Fraud As Accounting Crime Prevention Means.” Jurnal MONEX 10: 142–49.




DOI: https://doi.org/10.37365/ebid.v1i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

Karya ini dilisensikan di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 .