PENGARUH BAURAN PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH STMIK WIDURI JAKARTA
(1) Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Budi Luhur Jakarta,
(2) Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Budi Luhur Jakarta,
(3) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univesitas Trisakti Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Price and Service Quality on Students' Decision to Choose STMIK Widuri Jakarta. The research methodology used in this study is quantitative. The data used are primary data obtained from distributing questionnaires with a Likert scale (1-5). The population in this study were students who had studied at STMIK Widuri, Jakarta, with a sample of 204 people. Data analysis for hypothesis testing used multiple linear regression with the help of SPSS software version 26. The results showed that Promotion Mix and Service Quality had a significant positive effect on the decision to study at STMIK Widuri Jakarta. While Price had a significant negative effect on the decision to study at STMIK Widuri Jakarta. Managerial contributions to increasing student interest in choosing STMIK Widuri Jakarta are:The New Student Admissions Department (PMB) is friendlier, more polite in promoting STMIK, and improving the content of promotional advertising messages. Adjusting tuition fees as the quality of facilities increases. Improving the quality of service, quality of lecturers, employees, facilities and infrastructure, and libraries.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Arham Anwar, Basri Modding, A. P. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Manajemen. Journal Center Of Economic Student, 02(03).
Anita, Desi, dan G. A. S. (2016). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, Risiko Bisnis, Tingkat Likuditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Jasa ( Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata ) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014.
Budiyantara, A., Irwansyah, I., Prengki, E., Pratama, P. A., & Wiliani, N. (2020). Komparasi Algoritma Decision Tree, Naive Bayes Dan K-Nearest Neighbor Untuk Memprediksi Mahasiswa Lulus Tepat Waktu. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 265–270. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.1214
Dakhi, P. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di STIE NIAS SELATAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Nias Selatan, 1, 1–21. http://jurnal.stienisel.ac.id/index.php/JEB/article/view/44
Dewi Shinta Wulandari Lubis dan Hamdan. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Bisnis Dan Ekonomi, 2(1).
Fitantina, DS, Y. M., & Annanta, M. A. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Muhammadiyah Palembang (Ump). Motivasi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1).
Fred E. Hahn dan Kenneth G. (1999). Beriklan dan Berpromosi Sendiri,. PT. Grasindo.
Kelvin. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Biaya Studi, Fasilitas Perkuliahan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya. Manajemen Kinerja, 4(1).
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
La Diadhan Hukama dan Zainal Zawir Simon. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Yarsi. Jurnal Ilmiah FE-UMM Derivatif, 12(1).
Munarsih, M., Akbar, M. F., & Sudarsono, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Pada Orangtua Siswa Sdit Bina Cendekia – Depok. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3), 407–414. https://doi.org/10.32493/jee.v2i3.6804
Nurhayadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, M. B. (2017). Dasar Dasar Statistika Penelitian. Gramasurya.
Rhenald Kasali. (2006). Pop Marketing dlam Konteks Pemasaran Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tabita Tupa, D., Bunga, M., & F.makatita, R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur. Journal of Management (SME’s), 9(2), 235–250.
Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Cipta Jaya.
DOI: https://doi.org/10.37365/ebid.v2i2.303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 .