ANALISA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN E-STATEMENT (SEBUAH PENDEKATAN STUDI KASUS DI BANK XYZ)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang hampir kebanyakan dihadapi
oleh nasabah sebuah bank yaitu untuk keterlambatan Lembar Tagihan Transaksi yang diterima setiap
bulannya. Belakangan semakin marak produk tabungan menggunakan e-statement, kita ambil contoh
CIMB Niaga AirAsia Saver, Simas Lion Ticket, atau PermataMe bank permata. Kehadiran mereka seperti
mempertegas bahwa kini zamannya serba elektronik. Lebih dari itu, ini juga sebagai upaya perbankan
menerapkan green-banking di institusinya. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Object-Oriented
Analysis and Design (OOAD), dan hasil diterapkannya sistem layanan e-statement (electronic statement)
pada Bank XYZ. Hasil dari analisis dan perancangan sistem informasi layanan e-statement ini diharapkan
Bank XYZ dapat memiliki sistem yang dapat mengirimkan laporan transaksi apapun dapat di lihat dalam
satu dokumen itu. Setoran, tarik tunai di atm, transfer antar rekening bank, pembelian ke mana, bunga
bank dll. Bandingkan jika menggunakan passbook, semua transaksi yang pernah kita lakukan hanya bisa
dilihat jika mencetak buku tabungan. Apabila tidak mencetak dalam periode tertentu, maka hanya akan
terlihat hanya total kredit dan debet saja selama periode itu.
oleh nasabah sebuah bank yaitu untuk keterlambatan Lembar Tagihan Transaksi yang diterima setiap
bulannya. Belakangan semakin marak produk tabungan menggunakan e-statement, kita ambil contoh
CIMB Niaga AirAsia Saver, Simas Lion Ticket, atau PermataMe bank permata. Kehadiran mereka seperti
mempertegas bahwa kini zamannya serba elektronik. Lebih dari itu, ini juga sebagai upaya perbankan
menerapkan green-banking di institusinya. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Object-Oriented
Analysis and Design (OOAD), dan hasil diterapkannya sistem layanan e-statement (electronic statement)
pada Bank XYZ. Hasil dari analisis dan perancangan sistem informasi layanan e-statement ini diharapkan
Bank XYZ dapat memiliki sistem yang dapat mengirimkan laporan transaksi apapun dapat di lihat dalam
satu dokumen itu. Setoran, tarik tunai di atm, transfer antar rekening bank, pembelian ke mana, bunga
bank dll. Bandingkan jika menggunakan passbook, semua transaksi yang pernah kita lakukan hanya bisa
dilihat jika mencetak buku tabungan. Apabila tidak mencetak dalam periode tertentu, maka hanya akan
terlihat hanya total kredit dan debet saja selama periode itu.
Full Text:
PDFReferences
Kumar, Naresh, A. S. Zadgaonkar, Abhinav Shukla.
(2013). Evolving a New Software Development
Life Cycle Model SDLC-2013 with Client
Satisfaction. India: m Dr. C. V. Raman University
Project Documentation. (2018). Business Requirement
Document Jakarta, Bank XYZ.
Press Release: Issuance of OJK Circular Letter
Number 7/SEOJK.04/2014. OJK Circular Letter
Number 7/SEOJK.04/2014
Satzinger , J.W., Jacson, R.B., & Burd, S.D. (2005).
Object-Oriented Analysis and Design with the
Unified Process. (4th Edition). Oston: Course
Technology, Cengage Learning.
Whitten, Jeffrey L., Bentley, Lonie D. (2007). System
Analysis and Design Methods. (7th Edition). New
York: Mc Graw-Hill
DOI: https://doi.org/10.37365/it.v4i2.19
Refbacks
- There are currently no refbacks.