APLIKASI PELAPORAN KERJA CLEANING SERVICE DENGAN METODE WATERFALL
(1) Program Studi Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia Jakarta
(2) Program Studi Teknik Industri Universitas Sampoerna Jakarta
(3) Program Studi Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia Jakarta
(4) Program Studi Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia Jakarta
(5) Program Studi Informatika Universitas Bunda Mulia Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
After the Covid-19 pandemic passed, digital transformation occurred, namely the use of technology in various activities of human life, including at work. Regardless of age, position, or educational background, we all have to learn so as not to be left behind. Cleaning service (CS) work has been seen as easy and does not require technology, except for WhatsApp Messenger or Group communication tools. The ship engine distributor company has office and warehouse areas that require CS services to maintain cleanliness. So far, coordination of work or the presence of CS personnel has been carried out through face-to-face briefings and WhatsApp. However, after restrictions on meeting (physical distancing), PSBB, etc., it seems that the use of WhatsApp is considered insufficient to accommodate work needs in the field for CS. This research aims to design a Cleaning service application to handle difficulties in the field for managing work and reports. The system development method used is the Waterfall Model method. The results of this research aim to provide convenience for CS coordinators and companies in managing CS performance, making reports, and improving the quality of cleaning services in the field.
ABSTRAK
Setelah masa pandemi Covid-19 berlalu, terjadi transformasi digital yaitu penggunaan teknologi pada berbagai aktivitas kehidupan manusia, termasuk dalam bekerja. Tidak memandang usia, jabatan, atau latar belakang pendidikan, kita semua harus belajar agar tidak tertinggal. Pekerjaan cleaning service (CS) selama ini dipandang mudah dan tidak memerlukan teknologi, kecuali alat komunikasi WhatsApp Messenger atau Group. Perusahaan distributor mesin kapal memiliki area kantor dan gudang yang memerlukan jasa CS untuk menjaga kebersihan. Selama ini koordinasi pekerjaan atau kehadiran personil CS dilakukan melalui briefing tatap muka dan WhatsApp. Namun setelah terjadi pembatasan untuk bertemu (physical distancing), PSBB, dll, tampaknya penggunaan WhatsApp dinilai kurang untuk mengakomodir kebutuhan pekerjaan di lapangan untuk CS. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Cleaning service untuk menangani kesulitan di lapangan untuk pengaturan dan pelaporan pekerjaan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Model Waterfall. Hasil penelitian ini bertujuan memberikan kemudahan bagi koordinator CS dan perusahaan dalam mengatur kinerja CS, membuat pelaporan, dan meningkatkan kualitas pelayanan kebersihan di lapangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Aulio Romadho, Rinta Kridalukmana, and Ike Pertiwi Windasari. 2016. “Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Layanan Jasa Cleaning Service Berbasis Web Dan Mobile Di Liochita Cleaning Semarang.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer 4(1):34–43.
Andry, Johanes Fernandes, Stefan Azriel Reynaldo, Kevin Christianto, Francka Sakti Lee, Julia Loisa, and Aman Budi Manduro. 2021. “Algorithm of Trending Videos on YouTube Analysis Using Classification, Association and Clustering.” International Conference on Data and Software Engineering (ICoDSE) 26–30.
Christianto, Kevin, Fendyanto, Devi Yurisca Bernanda, Johanes Fernandes Andry, and Francka Sakti Lee. 2023. “Employee’s Satisfaction Index Analysis and Prediction Using K-Means Clustering, Decision Tree, and Association Rules Algorithm.” AIP Conference Proceedings 2693(1):37–46.
Dylen, Varel, Francka Sakti Lee, and Yemima Monica Geasela. 2024. “Aplikasi Inventaris Berbasis Website Pada Toko Naomi Wig Menggunakan Metode Extreme Programing.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 6(2):339–46.
Hutauruk, Puput Melati, Abdul Malik Ritonga, and Yasrius Nazara. 2024. “Tinjauan Karakteristik Sumber Daya Manusia Di Unit Rekam Medis Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Pelayanan Di UPT Puskesmas Kedai Durian Tahun 2022.” Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda 9(1):49–54.
Irwanto, Riky Welli Saputra, Ayuningtyas, and Singgih Priono. 2024. “Pengaruh Disiplin Pegawai Dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Penerapan Absensi Online Di Kantor Kecamatan Banjarbaru Selatan.” Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan 8(1):12–22.
Kharismaputra, Aulia Prima, Fitrarena Widhi Rizkyana, and Anis Susanti. 2022. “Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Meningkatkan Efisiensi.” Business and Accounting Educational Journal 3(3):402–7.
Lee, Francka Sakti, Keysia Aprilia, David Freggy Dinata, William Fernando, and Johanes Fernandes Andry. 2024. “Aplikasi Pengelolaan Stok Bahan Baku Dengan Metode Waterfall Pada Pabrik Plastik.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 6(2):258–65.
Lee, Francka Sakti and M. Fauzi Isputrawan. 2022. “Peningkatan Kualitas Layanan Warga Kelurahan Duri Kepa Dengan Aplikasi LINGKOE.” Jurnal Informatika 9(1):61–70.
Rahayu, Puji, Vera Yanti Tambunan, Merry Agutina, Windy Anastasya, Decci Japin, and Diva Melinda. 2022. “Penerapan Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Warehouse Management Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 10(2):241–45.
Rahmansari, Riskyta. 2018. “Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Komunikasi Organisasi Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Sidoarjo.” Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial 1(2):77–90.
Sungkono, Muhammad Riki, Cs :. Pengaruh, Displin Kerja, Terhadap …. Page, Lembaga Penelitian, Dan Pengabdian Pada Masyarakat, Universitas Bina, Taruna Gorontalo, and Mukran Roni. 2024.
“Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Cleaning Service Di PT. Cerah Sinergi Sejahtera.” 11(1):1–9.
Susilowati, Susi and Rahmi Widiana. 2019. “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Cuti Karyawan Berbasis Web Pada PT Integrasi Tri Tama Cendekia.” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) 3(September):327–36.
Wardhani, Irine Ika, Arifa Pratami, and Ikbar Pratama. 2021. “E-Procurement Sebagai Upaya Pencegahan Fraud Terhadap Pengadaan Barang Dan Jasa Di Unit Layanan Pengadaan Provinsi Sumatera Utara.” JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi 7(2):126–39.
DOI: https://doi.org/10.37365/jti.v10i1.248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. .